Jurusan Paling Fleksibel ya Teknik Industri

 

Di era yang semakin maju ini pendidikan seakan menjadi hal yang wajib untuk di dapatkan bagi sebgian oarang, bagi sebagian lagi masih menganggap pendidikan itu belum lah kebutuhan yang penting. Pendapat kedua bisa saja menjadi benar, namu harus diimbangi dengan pengetahuan dan skill yang mumpuni, sehingga walaupun tidak memiliki gelar namun secara ilmu dan skill sama dengan yang bersekolah formal. 

Bicara tentang pendidikan, salah satu jurusan atau program studi di bidang teknik, pada pendidikan tinggi yaitu Teknik Industri. Tidak seperti jurusan teknik pada umumnya, cakupan keilmuan Teknik Industri begitu luas, mulai dari sains, manajemen, ekonomi, psikologi, hukum dan masih banyak lagi. Saking banyaknya keilmuan yang dipelajari, sampai untuk yang materi teknik, tidak dipelajari smpai mendalam

Karena banyaknya cakupan yang di tangani , maka ada beberapa kelebihan dan kekurangan Jurusan atau Program Studi Teknik Industri, yang pertama kita bahas adalah kelebihannya, yaitu antara lain:

1. Lebih Banyak Ilmu

Memang iya sih kalau jurusan ini akan mendapatkan sangat beragam ilmu, bagaimana tidak setiap semester dipastikan akan ada mata kuliah baru yang kadang tidak ada hubungannya dari kuliah sebelumnya. Istilahnya di dalam sebuah industri kan ada banyak divisi, nah teknik industri mempelajari semua divisi ilmu dari semua departemen yang ada di Industri tersebut. Misal di Posisi teknik, kita juga dasarnya adalah mempelajari teknik, gambar teknik, proses manufaktur, otomasi dan lain sebagainya. Misal di posisi HRD, kita juga mempelajari psikologi Industri, dan berbagai metode untuk membuat kinerja perusahaan menjadi lebih efisien, pangurangan cost, pembagian beban kerja dan lain sebagainya. 

2. Peluang Pekerjaan Banyak

Dengan banyaknya bidang ilmu yang di pelajari, maka pengetahuan lulusan teknik industri juga luas, sehingga akan mudah di tempatkan di berbagai divisi perusahaan, hal inilah yang membuat peluang peluang pekerjaan lulusan teknik Industri akan banyak sekali. Biasanya akan berbeda-beda divisi yang di masuki. Tergantung dari kesukaan atau ahlinya si pelamar di bidang apa.

3. Bisa Lebih Fleksibel

Fleksibel disini dalam aertian lebih leluasa dalam menentukan karir, dikarenakan peluang yang banyak sehingga bisa memilih berbagai bidang yang disukai, bisa di lapangan, bisa juga menjadi pegawai kantoran, semua bisa dipilih tinggal posisi apa yang di lamar, karena berbagai posisi di perusahaan bisa di masuki

4. Mudah Beradaptasi

Kemampuan beradaptasi lulusan Teknik Industri bisa lebih mudah dikarenakan pengetahuannya yang luas, sehingga bisa mengkombinasikan berbagai pengetahuan itu untuk cepat menyerap informasi dan beradaptasi dalam sebuah lingkungan.

Kira- kira ini dulu yang saya list, sebenarnya masih banyak lagi namun akan saya sambung di part berikutnya saja, karena kopi saya sudah mau habis ini, hehe



Komentar

Postingan Populer